Srikandi Demokrat Hadiri Milad ke-214 Keraton Kacirebonan

Srikandi Demokrat Hadiri Milad ke-214 Keraton Kacirebonan

CIREBON – Keraton Kacirebonan kini telah berusia 214 tahun sejak didirikan pada tahun 1808 oleh Pangeran Anom di atas tanah seluas 46.500 meter persegi. Untuk itulah, milad diadakan pada Minggu (13/3) lalu, di area pelataran Keraton Kacirebonan. Turut hadir pada saat itu Srikandi Partai Demokrat, dr Hj Ratnawati MKKK.

Ratnawati turut berpartisipasi untuk mewakili Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Dr Ir HE Herman Khaeron MSi di daerah pemilihannya, yakni Jawa Barat VIII yang meliputi Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon.

Srikandi Partai Demokrat itu mengapresiasi positif pelaksanaan milad tersebut yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya asli Kota Cirebon. Pasalnya, kelestarian sejarah dan kesenian asli Kota Cirebon harus terus dijaga.

Apalagi, kata Ratnawati, sejumlah kebudayaan yang ada di Keraton Kacirebonan tidak bisa ditampilkan akibat adanya penutupan karena pandemi Covid-19 yang masih terus merebak. “Tadi Bu Ratu bercerita, beliau ingin menghidupkan kembali budaya yang ada di keraton ini.

BACA JUGA:

Karena, selama pandemi terpuruk sekali, tidak ada pengunjung. Kebudayaan yang ada di sini seperti tarian, tidak bisa ditampilkan. Mudah-mudahan bisa dijaga agar tetap lestari,” ujar Ratnawati kepada wartawan.

Ratnawati mendorong para generasi milenial untuk bisa terlibat dan tertarik mengembangkan budaya tersebuat agar bisa melestarikannya. “Saya lihat musisi dan para seninman itu antusias dengan adanya malam kebudayaan ini. Ke depan, saya ingin, generasi milenial juga ada di sini, bisa menyaksikan dan melestarikan budaya,” harapnya.

Permaisuri Sultan Kacirebonan IX, Den Ayu Muthoyaroh Beda Natadiningrat bangga atas dukungan dari Srikandi Partai Demokrat terhadap kegiatan yang mengangkat potensi budaya yang ada di Kota Cirebon.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: